Setelah seminggu menanti akhirnya operasi rabun senja SiBOB berhasil dituntaskan dengan tempo yang sesingkat-singkatnya.
Harapannya gak muluk2, jalan malam cukup jelas apalagi ibukota lagi demen ujan2an dan yang penting tidak menyilaukan pengendara yang lain.
Penampakan: sebelah kiri pembaca headlamp yang sudah dilasik dengan PR EP 100/90 sedangkan yang sebelan kanan masih original 60/55 kondisi nyala LowBeam
Setelah dilasik,tampak lebih padat cahayanya
Sebelum dilasik, cahaya remang doang............. hehehe
Pada kondisi HighBeam tampak juga perbedaannya
Nah bahan dalan peralatan yang dibutuhkan adalah Kunci pas No 10, kabel ties secukupnya, relay set jenis 3 relay, 2 buah bohlam H4 Phillips Rally Essential Power Halogen
Relay Set
Socket Keramik yang ke headlamp
Bohlam dan Kemasannya
Langkah operasinya :
1. Siapkan teh botol trus cemilan
2. Buka kap mesin
3. Buka socket bohlam dan karet pelindungnya
4. Lepaskan bohlam Asli, dengan menekan klip kawatnya sesuai dibuku petunjuk pemilik kendaraan
hati2 kaca bohlam jangan sampai kesentuh tangan, nti bisa cepet putus. Dan pasang Bohlam yang baru
5. Pasang relay set
6. Pasang ground bohlam ke body
6. Pasang socket keramik ke Headlamp
7. Rapikan jalur kabel dengan Ties
Selesai deh operasi rabun senjanya.
Hasil pengujian dimalam hari, overall sangat memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan SiBoB
Highbeam 100
Lowbeam 90
Semoga Bermanfaat, SiBoB sudah dapat melihat dengan jelas kembali..... cheers
Sabtu, 29 Oktober 2011
Kamis, 01 September 2011
DIY- Tweaking sensor udara
Gak cuma windows xp yang di tweaking, Si BOB pun akhirnya kena tweak juga, maklum kalo musti beli babiback, muahal pisan euy.............
Intinya sih memanipulasi pembacaan temperatur yang masuk ke intake. Sensor udara ini dipasang di box air filter.
Mula-mula sensor kita lepas kemudian kita ukur berapa hambatan pada sensor tersebut, dalam kondisi suhu normal didapat kurang dari 2K ohm
Sensor ini sejenis resistor yang besarannya dipengaruhi oleh suhu udara, jika suhu udara panas maka nilai hambatannya akan semakin mengecil, jika suhu udara dingin maka nilai hambatannya semakin membesar. Sensor dicelupkan kedalam air dingin dari kulkas kemudian diukur hambatannya.
hasil pembacaan multitester mendekati 5K ohm. Besarnya hambatan ini akan diperoleh jika kita memasukkan udara dingin dari ac kedalam box filter udara. Hal ini akan sulit dilaksanakan meskipun bukan tidak mungkin untuk dikerjakan. daripada ribet, mendingan kita tweaking aja ntu sensor dengan memasang resistor dengan nilai 5K ohm, seolah2 sensor membaca bahwa udara yang masuk ke intake untuk diolah oleh ECU adalah dingin.
Selanjutnya bekas lubang sensor itu ditutup pakai apa aja yang penting rapi, kebetulan nemu tutup pvc kebetulan pas diameternya.
Khasiat dari tweaking ini, silahkan dirasakan bedanya, yang pasti sih tambah maknyus
Selamat mencoba.
Intinya sih memanipulasi pembacaan temperatur yang masuk ke intake. Sensor udara ini dipasang di box air filter.
Mula-mula sensor kita lepas kemudian kita ukur berapa hambatan pada sensor tersebut, dalam kondisi suhu normal didapat kurang dari 2K ohm
Sensor ini sejenis resistor yang besarannya dipengaruhi oleh suhu udara, jika suhu udara panas maka nilai hambatannya akan semakin mengecil, jika suhu udara dingin maka nilai hambatannya semakin membesar. Sensor dicelupkan kedalam air dingin dari kulkas kemudian diukur hambatannya.
hasil pembacaan multitester mendekati 5K ohm. Besarnya hambatan ini akan diperoleh jika kita memasukkan udara dingin dari ac kedalam box filter udara. Hal ini akan sulit dilaksanakan meskipun bukan tidak mungkin untuk dikerjakan. daripada ribet, mendingan kita tweaking aja ntu sensor dengan memasang resistor dengan nilai 5K ohm, seolah2 sensor membaca bahwa udara yang masuk ke intake untuk diolah oleh ECU adalah dingin.
Selanjutnya bekas lubang sensor itu ditutup pakai apa aja yang penting rapi, kebetulan nemu tutup pvc kebetulan pas diameternya.
Khasiat dari tweaking ini, silahkan dirasakan bedanya, yang pasti sih tambah maknyus
Selamat mencoba.
DIY - Capasitor Bank Si BOB
Akhirnya kelar juga nih proyek bikin sendiri Capasitor bank buat si BOB, tidak lepas dari bantuan mbah gugle, sekarang di engine bay ada tambahan 1 unit lagi kotak sakti buat meningkatkan performance gerobak kesayangan kami.
Dengan dasar hukum kapasitansi pada power supply, bahwa setiap arus 1 Amper memerlukan kapasitor sebesar 2200uF, maka pada A/X dengan standar alternator sekitar 60 Amper dibutuhkan capasitor bank 132000uF. kurang lebih memerlukan 20 pcs kapasitor 6800uF 25 Volt 105C dirangkai secara pararel dan dipasang langsung pararel pada aki.
Tampak beda fisik ukuran volt stabiliser yang telah dibuat sebelumnya
Semoga dengan adanya penambahan alat ini diharapkan untuk jangka panjang aki lebih awet, secara overall performance si BOB pengennya tambah irit
Dengan dasar hukum kapasitansi pada power supply, bahwa setiap arus 1 Amper memerlukan kapasitor sebesar 2200uF, maka pada A/X dengan standar alternator sekitar 60 Amper dibutuhkan capasitor bank 132000uF. kurang lebih memerlukan 20 pcs kapasitor 6800uF 25 Volt 105C dirangkai secara pararel dan dipasang langsung pararel pada aki.
Tampak beda fisik ukuran volt stabiliser yang telah dibuat sebelumnya
Semoga dengan adanya penambahan alat ini diharapkan untuk jangka panjang aki lebih awet, secara overall performance si BOB pengennya tambah irit
Langganan:
Postingan (Atom)